Pages Menu
RssFacebook
Categories Menu

Posted on Oct 17, 2015 in Akademik&Penelitian | |

HIMASISKO KKL ke PT. PUSRI

SK Pada Rabu (07/10/15) program studi Strata-1 Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (SK Fasilkom Unsri) kembali mengadakan kuliah lapangan untuk para mahasiswanya. Jika pada tahun lalu SK Fasilkom mengadakan kuliah lapangan di bank Sumsel Babel Palembang, maka pada tahun ini SK Fasilkom kembali mengadakan kuliah lapangan di PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri), Palembang. PT Pusri adalah perusahaan pelopor produsen pupuk urea di Indonesia, serta merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada 24 Desember 1959 di Palembang, Sumatera Selatan.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti kuliah lapangan adalah 90 mahasiswa. Kegiatan kuliah lapangan ini dilaksanakan untuk mahasiswa SK angkatan 2011, 2012, dan 2013 yang mengambil mata kuliah jaringan komputer, kriptografi, dan manajemen jaringan. Dr. Deris Stiawan, M.T sebagai dosen pendamping pada kegiatan kuliah lapangan. Tujuan dari diadakannya kuliah lapangan ini, yaitu: untuk melihat implementasi langsung ilmu yang di pelajari ketika di kelas kuliah dan membuka wawasan mahasiswa tentang dunia kerja khususnya di bidang Teknologi Informasi.

Kegiatan kuliah lapangan ini dimulai pada pukul 09.40 s.d. selesai. Acara pertama adalah pembukaan dari Dept. Humas PT. Pusri Bapak Drs. H. Waluyo, lalu dilanjutkan dengan penyampaian informasi Fasilkom Unsri oleh dosen pendamping. Setelah kata sambutan, acara pun dilanjutkan dengan pemutaran video profile perusahaan. Untuk acara inti yaitu pemaparan mengenai Information and Communication Technologies (ICT) di PT Pusri Palembang, materinya disampaikan langsung oleh Drs. Kholid selaku Manager IT PT Pusri Palembang. Pada pemaparan materi, Bapak Drs. Kholid menjelaskan tentang IT Challenges in Process Industry, pengelolaan software dan hardware, serta perkembangan IT di PT Pusri Palembang. Selesai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan pemberian cindramata dan bingkisan sebagai kenang-kenangan dari PT Pusri untuk SK Fasilkom Unsri, begitupun sebaliknya.

Setelah penutupan diakhir acara, para mahasiswa SK Fasilkom pun diajak berkunjung melihat secara langsung ruangan server dan network PT Pusri dan disana para mahasiswa mendapatkan penjelasan tentang network dari staff divisi IT PT Pusri, Palembang. (Fepiliana, SK 2013)