Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Informatika

PROFIL JURUSAN

Teknik Informatika dibawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Fasilkom Unsri) diresmikan oleh Rektor Unsri pada tanggal 1 Desember 2006.

Hingga saat ini, Jurusan Teknik Informatika memiliki dua Program Studi, yaitu Teknik Informatika Reguler (S1) dan Teknik Informatika Bilingual (S1). Kegiatan perkuliahan Teknik Informatika Reguler diadakan di kampus Indralaya, sedangkan perkuliahan Teknik Informatika Bilingual diadakan di kampus Palembang dan pada Semester VII mahasiswa Teknik Informatika Bilingual akan melaksanakan studinya di Universiti Teknologi Malaysia.

Lama Studi

Pendidikan di Teknik Informatika Fasilkom Unsri mencakup perkuliahan sejumlah 144 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Komputer (S. Kom) setelah memperoleh minimum 144 sks sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Teknik Informatika, SNMPTN, SBMPTN dan USM Unsri.

Profil Lulusan

Lulusan Teknik Informatika Unsri diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga ahli di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi. Hasil kajian pelacakan alumni menunjukkan bahwa 80% dari lulusan Jurusan Teknik Informatika mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan setelah kelulusannya.

Visi Teknik Informatika

Pada tahun 2025 menjadi program pendidikan ilmu komputer berbasis riset yang terkemuka dengan keunggulan pada bidang Sistem Cerdas, Sistem Terdistribusi, dan Grafis Visualisasi, Berintegritas dan Berjiwa Technopreneurship

Misi Teknik Informatika

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan berbasis kompetensi di bidang Ilmu Komputer.
  2. Menggiatkan penelitian di bidang Ilmu Komputer untuk pengembangan ilmu pengetahuan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Teknologi Tepat Guna.
  3. Melakukan pengabdian yang berorientasi pada penggunaan Ilmu Komputer sebagai alat bantu dalam berbagai aspek kehidupan yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Tujuan Teknik Informatika

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi di bidang Ilmu Komputer yang mampu bersaing secara global, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi dan berbudaya Indonesia.
  2. Menghasilkan dan mempublikasikan karya penelitian di bidang Ilmu Komputer yang memiliki nilai kemanfaatan pada masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas dan produktifitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui penyebarluasan pengetahuan di bidang ilmu komputer.
  4. Menjalin kerjasama dengan mitra kerja regional, nasional maupun internasional dalam upaya mengembangkan pengetahuan di bidang Ilmu Komputer.

 

Strategi Teknik Informatika

  1. Melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang efektif, beretika, beratmosfir akademik.
  2. Meningkatkan sarana dan prasana pembelajaran termasuk media belajar online sebagai bagian dari penyebaran ilmu pengetahuan.
  3. Merevisi kurikulum dan bahan ajar secara berkala, serta mengawasi dan melakukan evaluasi kinerja dosen dalam kegiatan belajar-mengajar.
  4. Mengirimkan dosen untuk melaksanakan studi lanjut pada universitas terkemuka di dalam dan luar negeri.
  5. Membentuk Kelompok Bidang Ilmu berupa grup riset bidang Sistem Cerdas, Sistem Terdistribusi, dan Grafis Visualiasi yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa.
  6. Menambah jumlah dan sumber pendanaan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  7. Memberikan akses jurnal dan perpustakaan online kepada dosen dan mahasiswa.
  8. Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada pelatihan dan workshop peningkatan kompetensi.
  9. Membuat nota kerjasama dengan universitas dan institusi lain sebagai bagian dari pengembangan dan perluasan jaringan ilmu pengetahuan.

 

Web site Informatika