Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Informatika

PROFIL JURUSAN

Teknik Informatika dibawah naungan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Fasilkom Unsri) diresmikan oleh Rektor Unsri pada tanggal 1 Desember 2006.

Hingga saat ini, Jurusan Teknik Informatika memiliki dua Program Studi, yaitu Teknik Informatika Reguler (S1) dan Teknik Informatika Bilingual (S1). Kegiatan perkuliahan Teknik Informatika Reguler diadakan di kampus Indralaya, sedangkan perkuliahan Teknik Informatika Bilingual diadakan di kampus Palembang dan pada Semester VII mahasiswa Teknik Informatika Bilingual akan melaksanakan studinya di Universiti Teknologi Malaysia.

Lama Studi

Pendidikan di Teknik Informatika Fasilkom Unsri mencakup perkuliahan sejumlah 144 sks yang dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun. Mahasiswa berhak menyandang gelar Sarjana Komputer (S. Kom) setelah memperoleh minimum 144 sks sesuai persyaratan kurikulum yang ditetapkan.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Terdapat tiga jalur penerimaan mahasiswa baru Teknik Informatika, SNMPTN, SBMPTN dan USM Unsri.

Profil Lulusan

Lulusan Teknik Informatika Unsri diterima di kalangan bisnis dan industri sebagai tenaga ahli di bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang berkualitas tinggi. Hasil kajian pelacakan alumni menunjukkan bahwa 80% dari lulusan Jurusan Teknik Informatika mendapatkan pekerjaan kurang dari 6 bulan setelah kelulusannya.

Visi Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika pada dasawarsa kedua abad ke 21 menjadi program pendidikan akademik yang terkemuka di bidang riset dan rekayasa informatika yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, berakhlak tinggi, berwawasan keilmuan, profesional dan mempunyai keunggulan ilmu sehingga mampu bersaing di era globalisasi.

Misi Teknik Informatika

  1. Menghasilkan tenaga ahli yang profesional di bidang Ilmu Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak yang mampu bersaing secara global serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, dan berbudaya Indonesia.
  2. Menggiatkan penelitian di bidang Ilmu Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak untuk pengembangan ilmu pengetahuan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Teknologi Tepat Guna.
  3. Melakukan pengabdian yang berorientasi pada penggunaan Teknologi Informasi sebagai alat bantu dalam berbagai aspek kehidupan yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Tujuan Teknik Informatika

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi di bidang Ilmu Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak yang mampu bersaing secara global, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi dan berbudaya Indonesia.
  2. Menghasilkan, mengembangkan, dan menyeberluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, khususnya di bidang Ilmu Komputer dan Rekayasa Perangkat Lunak untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan daya saing bangsa Indonesia di dunia.
  3. Meningkatkan peran Program Studi Teknik Informatika sebagai pusat pengembangan teknologi dan rekayasa informatika dalam pembangunan nasional dan regional dalam upaya mengantisipasi era globalisasi.

 

Strategi Teknik Informatika

  1. Meningkatkan nilai passing grade calon mahasiswa baru yang diterima jalur SNMPTN dan memperketat seleksi calon mahasiswa baru jalur PMP.
  2. Meningkatkan sarana prasarana pembelajaran.
  3. Mervisi kurikulum & bahan ajar, monitoring & evaluasi kinerja dosen dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
  4. Meningkatkan kualifikasi dosen ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Melakukan umpan balik kepada mahasiswa, dosen dan calon pengguna lulusan (stakeholders).
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Web site Informatika

Share this page ...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page