Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 10, 2016 | 473 views

[Short Talk] Surahyo Sumarsono

[Short Talk] Surahyo Sumarsono

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya kembali menyelenggarakan kuliah umum di ruang Teleconference, kampus Fasilkom Unsri Bukit, Jumat (08/04). Tema kuliah umum kali ini, yaitu: “Pemanfaatan Infrastruktur Jaringan Untuk Mendukung Berbagai Layanan di Indonesia”. Sedikitnya puluhan mahasiswa menghadiri kuliah umum dari Pakar ICT Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Surahyo Sumarsono. Sedikit informasi, beliau merupakan pemegang sertifikasi network CISCO dan pernah menjadi Direktur Inixindo,  saat ini merupakan dosen di Universitas Gadjah Mada.

Kuliah umum tersebut dimulai pada pukul 08.00 s.d. selesai dan terbagi menjadi dua sesi, yaitu: sesi pertama yang membahas tentang “pengenalan dan penerapan jaringan di dunia industri” dan sesi kedua membahas tentang “kesempatan serta tantangan dimasa kini dan masa depan mengenai jaringan”.

Dalam kuliah umum sesi pertama, Surahyo menyampaikan materi mengenai pemanfaatan infrasturktur jaringan untuk manfaat berbagai layanan di Indonesia dan opportunity riset untuk Tugas Akhir. Dalam pemaparannya di sesi pertama tentang Pemanfaatan infrastruktur jaringan, ia menyampakan bahwa zaman sekarang merupakan era yang sangat maju. “Saat ini merupakan Era yang sangat bergantung dengan jaringan, jadi kalau kita bisa memanfaatkannya dengan baik, kita bisa selangkah lebih maju” ungkap Surahyo. Para mahasiswa pun sangat antusias mengikuti penyampaian materi dari beliau secara men-detail mulai dari penyampaian mengenai OSI Layer, Topologi Jaringan, hingga Keamanan Jaringan itu sendiri.

Untuk sesi kedua yang dilaksanakan ba’da sholat Jumat yang dimulai pukul 13.30 WIB s.d. selesai, Surahyo memaparkan tentang opportunity dan trend riset teknologi yang dapat dijadikan untuk Tugas Akhir. Dalam kuliah umumnya Surahyo menjelaskan tentang pemanfaatan Comparison Technology of 1G, 2G, 3G, 4G, 5G, Virtualization SDN/NFV, konektivitas Internet of Things (IoT) and Internet of Everywhere (IoE) misalnya penerapan RFID di Supermarket, Big Data yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu velocity, volume, variety, dan veracity, Cyber Security, Green Communications, Smarter Smartphones connected sensor, Network Neutrality Internet Governance, dan Molecular Communications yang dapat diterapkan pada riset health information systems. Setelah pemaparan materi kuliah umum, Syukron Rushadi yang merupakan salah satu mahasiswa Sistem Komputer, sekarang ini sedang melakukan riset Tugas Akhir bertanya kepada Surahyo. “Dengan adanya trend technology baru mengenai SDN, bagaimana cara migrasi atau beralih dari penggunakan technology existing network menjadi technology SDN ?”, tanya Syukron. Menanggapi pertanyaan tersebut, Surahyo menyampaikan bahwa untuk beralih dari penggunaan teknologi saat ini ke teknologi jaringan SDN disuatu perusahaan atau organisasi, diperlukan edukasi untuk para network engineer dan berkolaborasi dengan tim baru pada keahlian SDN tersebut. Usai sesi tanya-jawab, kuliah umum pun diakhiri dengan foto bersama antara pemateri dan para peserta. (fep/wil)

Share this page ...Share on Facebook8Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page