Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 6, 2015 | 472 views

[Short Talk] Rudi Lumanto, Ph.D & Affan Basalamah

[Short Talk] Rudi Lumanto, Ph.D & Affan Basalamah

affan1

Kuliah Tamu dan Knowledge Sharing, Dua Hari Belajar Network Bersama Ahli

Jurusan Sistem Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya menyelenggarakan kuliah tamu dan Knowledge Sharing selama dua hari, yaitu pada 3 – 4 November 2015. Kuliah tamu adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk menambah pengetahuan sesuai bidang ilmu yang dipelajari atau pengayaan pengetahuan. Kegiatan yang dihadiri oleh para mahasiswa sistem komputer ini menghadirkan langsung dua orang ahli di bidang Network yaitu Affan Basallamah selaku IT Manager Infrastruktur ITB dan Rudi Lumanto, Ph.D selaku Ketua Indonesian Security Incidan Response Team on Internal Infrastructure (ID SIRTII) sebagai pemateri.

Pada hari pertama (03/11) kuliah tamu diselenggarakan di ruang seminar lantai 3 gedung Dekanat Fasilkom Unsri kampus Indralaya dan terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi yang dimulai pukul 10.00 s.d selesai dan sesi siang yang dimulai pukul 13.30 s.d selesai. Pada sesi pagi pematerinya adalah Affan Basalamah. Affan membahas materi tentang SDN (Software Defined Networking) dan Cloud, serta Related Activities dan Research. Pada presentasinya Affan menjelaskan prinsip yaitu bagaimana dari sekian banyaknya perangkat dengan menggunakan sistem cloud menjadi mudah dikontrol dan effisien serta dengan biaya yang murah juga. Setelah menyampaikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi knowledge sharing yaitu sesi tanya-jawab antara Affan dan para mahasiswa jika ada yang belum dimengerti.

Selesai knowledge sharing, acara dilanjutkan dengan isoma kemudian dilanjutkan lagi ke sesi siang. Pada kuliah tamu sesi siang, pematerinya adalah Rudi Lumanto, Ph.D. Pada presentasinya Rudi menjelaskan tentang sekilas mengenai ID SIRTII, lima prinsip dalam keamanan informasi di dunia cyber, dan business idea and research. ID SIRTII adalah suatu lembaga yang menjadi firewall-nya Indonesia dan lembaga yang memonitoring traffic penggunaan internet di Indonesia. Sama seperti di sesi pagi, usai pematerian kegiatan dilanjutkan dengan sesi knowledge sharing.

Di hari kedua (04/11) kuliah tamu diselenggarakan di dua tempat yang berbeda. Yang pertama diselenggarakan di ruang Seminar lantai 3 gedung Dekanat Fasilkom kampus Unsri Indralaya dan kegiatan ini merupakan seminar  BO Network Administrator Club (NAC) dengan  pemateriya adalah Rudi Lumanto, Ph.D, sedangkan yang kedua diselenggarakan di ruang Teleconference gedung KPA kampus Unsri Bukit Palembang dengan pemateriya adalah Affan Basalamah. Topik materi yang dibahas oleh Rudi pada kegiatan seminar tersebut adalah tentang ethical hacker dan white hacker. Sedangkan, Affan pada kegiatan kuliah tamu membahas tentang trend, gap, dan opportunity riset dibidang jaringan computer, data comm dan information security.

Muhammad Ridwan Zalbina (Mahasiswa Sistem Komputer) yang merupakan salah satu peserta dalam kuliah tamu tersebut mengungkapkan kegiatan kuliah tamu dan sharing dengan para ahli seperti ini sangat baik untuk para mahasiswa sebagai penunjang untuk memilih bidang konsentrasi keilmuan, selanjutnya kuliah tamu juga bisa menjadi media untuk para mahasiswa yang mau mengerjakan tugas akhir untuk memilih trend riset yang sedang hangat pada zaman sekarang. “Kegiatan seperti ini kalo bisa diadakan terus di setiap semester dan kontennya ditambah lagi”, tambah Ridwan. (fep)

Share this page ...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page