Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Nov 1, 2016 | 638 views

[Short Talk] Dr. Ir. Inggriani Liem

[Short Talk] Dr. Ir. Inggriani Liem

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya (Unsri) kembali menghadirkan tokoh pendidikan di bidang informatika Dr. Ir. MM. Inggriani Liem dalam acara yang bertajuk “Kuliah Umum Kiat dan Teknik Mengajar Algoritma dan Pemrograman” dilanjutkan dengan Workshop Penggunaan Sistem Autograder https://olympia.id. Kegiatan berlangsung di Kampus Fasilkom Unsri Bukit Besar Palembang pada hari Senin tanggal 31 Oktober 2016 dihadiri oleh dosen-dosen dan laboran-laboran yang mengajar di Fasilkom Unsri, khususnya yang mengajar mata kuliah di bidang pemrograman. Selain itu, Bu Inge (sapaan akrab Inggriani Liem) memperkenalkan materi mengenai sistem Bebras (http://bebras.or.id) yaitu sistem pendidikan untuk usia dini yang bertemakan “Computational Thinking”.

Pada acara kuliah Umum, Bu Inge membagi tips, trik dan teknik mengajar dan memberikan motivasi dalam pembelajaran algoritma dan pemrograman, terutama tentang Problem Solving. Beliau mengatakan bahwa mata kuliah pemrograman haruslah menyenangkan, bukan menakutkan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan workshop penggunaan sistem autograder olympia.id. Sistem ini membantu dosen memberikan materi dan evaluasi secara online. Kendala umum yang dihadapi dosen pemrograman adalah memeriksa hasil jawaban mahasiswa satu per satu. Dengan sistem ini jawaban mahasiswa automatis dinilai oleh sistem, sehingga hasil akhir mahasiswa bisa lebih cepat diperoleh. Kelebihan lainnya adalah sistem ini dapat mengelola bank soal dari dosen-dosen yang sewaktu-waktu bisa digunakan kembali.

Di sesi terakhir, Bu Inge memperkenalkan sistem Bebras (bebras.or.id). Bebras pertama kali digelar di Lithuania (www.bebras.org), merupakan aktivitas ekstra kurikuler yang mengedukasi kemampuan problem solving dalam informatika dengan jumlah peserta terbanyak di dunia. Siswa peserta akan mengikuti kompetisi bebras di bawah supervisi guru, yang dapat mengintegrasikan tantangan tersebut dalam aktivitas mengajar guru. Kompetisi ini dilakukan setiap tahun secara online melalui komputer. Kompetisi ini berisikan sekumpulan soal yang disebut Bebras task. Bebras task disajikan dalam bentuk uraian persoalan yang dilengkapi dengan gambar yang menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami soal. Soal-soal tersebut dapat dijawab tanpa perlu belajar informatika terlebih dahulu, tapi soal tersebut sebetulnya terkait pada konsep tertentu dalam informatika dan computational thinking. Bebras task sekaligus menunjukkan aspek informatika dan computational thinking.

Fasilkom Unsri telah menjadi fasilitator dan mitra Bebras Indonesia regional Sumatera Selatan untuk mengikuti semua kegiatan Bebras Indonesia. Salah satunya adalah memfasilitasi peserta didik SMA/SMK untuk mengikuti Bebras Challenge 2016 pada tanggal 8 November 2016.

Share this page ...Share on Facebook22Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page