Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Oct 18, 2016 | 319 views

Seminar Nasional KNTIA 2016

Seminar Nasional KNTIA 2016

Foto Bersama Keynote Speaker

Jurusan Sistem Informasi sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Sriwijaya, Mempunyai komitmen yang tinggi dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi. Aktivitas penelitian sebagai unsur dalam Tridharma Perguruan Tinggi, membutuhkan media publikasi. Oleh karena itu Jurusan Sistem Informasi menyelenggarakan Konferensi sebagai ajang pertemuan dan publikasi bagi peneliti-peneliti dalam lingkup Nasional.

Diawali tahun 2009, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Unsri menyelenggarakan Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya atau KNTIA untuk yang pertama kalinya. Sejak saat itu, KNTIA menjadi salah satu wadah dimana para peneliti bertemu dan memaparkan gagasan mereka setiap dua tahun sekali, 2009, 2011, dan terakhir pada tahun 2014. Pada tahun ini, Jurusan Sistem Informasi Fasilkom UNSRI kembali menyelenggarakan KNTIA untuk yang keempat kalinya dengan mengambil tema “Smart Information Technology untuk Mendukung Ketersediaan Informasi”.

Sambutan Ketua Panitia

Ketua panitia pelaksana KNTIA #4, Apriansyah Putra M.Kom, memiliki alasan yang kuat untuk memilih tema ini. “Pada KNTIA yang keempat ini, kami memilih tema Smart City sebagai topik yang sedang hangat diperbincangkan di dunia IT. Apalagi dengan adanya wacana kota Palembang yang sedang mempersiapkan konsep Smart City untuk segera diterapkan di kota pempek ini.” jelasnya. Tidak tanggung-tanggung, panitia mendatangkan pakar Smart City di Indonesia, Prof.Dr.Ir.Suhono Harso Supangkat, M.Eng, sebagai keynote speaker pada acara yang digelar pada tanggal 8 oktober 2016 di Hotel Swarna Dwipa Palembang ini.

Sambutan Dekan Fasilkom

Bapak Jaidan Jauhari,M.T selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya mengaku sangat puas dengan penyelenggaraan KNTIA #4 kali ini. “Penyelenggaraan KNTIA kali ini sangat membanggakan dan para peneliti di Indonesia terlihat sangat antusias. Hal ini tercermin dari jumlah makalah yang masuk yang berjumlah lebih dari 80 makalah dari seluruh Indonesia.” papar Dekan ketika menyampaikan kata sambutan mewakili Fakultas.

Pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNSRI

Acara ini kemudian dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Sriwijaya yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Ir. Zainuddin Nawawi, Ph.D. Wakil Rektor bidang Akademik Unsri ini berharap banyak kepada KNTIA agar dapat menjadi ruang bagi para peneliti di Indonesia untuk dapat terus mengembangkan IT sehingga dapat menjadi solusi bagi perkembangan Indonesia.

Setelah acara pembukaan, para peneliti mulai memaparkan makalah mereka dan berdiskusi pada sesi paralel yang dibagi ke dalam lima sesi. Acara KNTIA yang keempat ini berakhir dengan lancar setelah para peserta memasuki sesi coffee break sore. Ibu Endang Lestari, M.Kom selaku Ketua Jurusan Sistem Informasi Fasilkom Unsri sangat mengapresiasi kinerja panitia, “Panitia telah bekerja keras. Walaupun ada masalah-masalah kecil, acara KNTIA kali ini telah berjalan dengan sukses”. “Berikutnya, jurusan akan mencoba untuk menyelenggarakan acara seminar berskala Internasional. Kami rasa empat kali menyelenggarakan acara seminar nasional adalah bekal yang cukup untuk mulai merambah level yang lebih tinggi.” tutupnya.

Ketua Jurusan SI Berfoto Bersama Pemakalah

Share this page ...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page