Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Jul 4, 2019 | 324 views

Pembukaan Digital Talent Scholarship KEMENKOMINFO RI 2019 di UNSRI Palembang

Pembukaan Digital Talent Scholarship KEMENKOMINFO RI 2019 di UNSRI Palembang

Masalah yang dihadapi Indonesia saat ini adalah belum mencakupinya tenaga kerja terampil yang menguasai teknologi.untuk itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika(KEMENKOMINFO) RI bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya mengadakan program pelatihan digital talent scholarship 2019 untuk Fresh Graduate Academy(FGA).

Ketua panitia Ahmad Fali Oklilas, M.T menjelaskan sejak 2018, KEMENKOMINFO menginisiasi program Digital Talent Scholarship.beasiswa ini telah di berikan kepada 1000 penerima di bidang Artificial inteligence, Bigdata, Cybersecurity, Cloud Computing, dan Digital Busines.

Program ini berupa pelatihan di bidang TIK yang berfokus pada enam tema yakni Artificial Inteligence, Big Data Analytics, Cloud Computing, Cybersecurity, Internet Of Things, dan Machine Learning”, jelasnya saat orientasi peserta Digital Talent Scholarship 2019 di gedung serbaguna program Pasca Sarjana Unsri, Bukit Besar.

Tahun ini, Universitas Sriwijaya mendapatkan alokasi beasiswa dua bidang pelatihan, yaitu Cybersecurity (CS) dan Internet Of things (IOT).Pelatihan FGA ini untuk 200 orang mahasiswa tingkat akhir dan lulusan D3/D4/S1 bidang TIK dan MIPA serta Teknik yang belum bekerja.

Tujuan agar mereka memliki kompetensi profesional yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0, imbuhnya.peserta mendaftar melalui website digitaltalent.kominfo.go.id

Tingkat persainagn cukup ketat dimana peminat yang mendaftar untuk memilih pelatihan di UNSRI bidang Cybersecurity 136 orang.tapi hanya lolos 100 orang.sedangkan untuk Internet Of Things dari 182 orang yang lolos hanya 100 orang.Para pendaftar tidak hanya dari Sumsel, Namun ada dari Riau, Lampung, Bengkulu, Kepulauan Riau dan Lainnya, Tuturnya.

Setiap hari, para peserta mendapatkan pelatihan teori dan praktik selama 4 jam pelajaran. Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Komputer bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fathoni, MMSI, Menjelaskan pelatihan tersebut merupakan penguatan bidang keilmuan.Tujuannya, menyiapkan skill dan kemampuan bidang IT mahasiswa di zaman milenial.

Selama dua bulan ada 36 kali pertemuan.”sama dengan kuliah semester pendek 10 SKS”,tandasnya.Para instruktur atau pelatih merupakan dosen FASILKOM UNSRI.”Ada 22 dosen dan asisten yang telah dilatih untuk menjadi instruktur,”jelasnya.

sumber : koran sumeks

Share this page ...Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print