Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Sep 6, 2016 | 702 views

Juara II “National University Debating Championship” 2016

Juara II “National University Debating Championship” 2016

Salah satu mahasiswa FASILKOM UNSRI, Fathan Mustaghfirin yang menjadi  perwakilan UNSRI pada NUDC (National University Debating Championship) berhasil meraih juara 2 (1st Runner Up) untuk kategori Novice. NUDC sendiri merupakan agenda tahunan dari KEMENRISTEKDIKTI yang mempertemukan mahasiswa perwakilan dari tiap kopertis wilayah di Indonesia untuk berdebat dalam bahasa inggris. Sebelumnya tim UNSRI juga berhasil meraih juara 3 di lomba NUDC wilayah kopertis 2 dan berhak untuk menjadi salah satu wakil dari Kopertis Wilayah II untuk maju di NUDC Nasional.

 

National University Debating Championship (NUDC) 2016 yang berlangsung di Universitas Mercu Buana (UMB)  di buka oleh Bapak Dr. Widyo Winarso M.Pd sebagai Kepala Sub Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti.  NUDC 2016 menghadirkan 112 perguruan tinggi se Indonesia. Total peserta mencapai 336 orang. Mereka berasal dari 14 kordinator perguruan tinggi. Dengan masa pertandingan selama 5 hari yang dimulai dari tanggal 31 Juli 2016 sampai tanggal 4 Agustus 2016. Lomba NUDC sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu Main Draw dan Novice. Kategori Main Draw diperuntukkan bagi peserta yang pernah memenangi lomba debat tingkat nasional atau internasional sebelum mengikuti NUDC, sedangkan kategori Novice diperuntukkan bagi peserta yang belum pernah menang pada lomba debat tingkat nasional sebelumnya. Tim UNSRI sendiri masuk dalam kategori Novice. Adapun format yang dipakai pada lomba ini adalah British Parliamentary Debate.

Tim UNSRI diwakili oleh Fathan Mustaghfirin (Sistem Komputer 2013) dan M. Nazali Yusuf (Teknik Pertambangan 2013) sebagai Debater, dan M. Zolakusuma sebagai N-1 Adjudicator. Fathan yang juga dikenal aktif dalam mengikuti kegiatan organisasi bahasa inggris seperti BO INTEL di lingkup FASILKOM UNSRI dan UKM Bahasa di lingkup UNSRI, berhasil meraih prestasi individu berupa Co-10th Best Novice Speaker pada ajang tersebut.

Daftar Pemenang NUDC 2016 :

Kategori Main Draw :

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gajah Mada
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Universitas Brawijaya

Kategori Novice :

  1. Universitas Lampung
  2. Universitas Sriwijaya
  3. Universitas Mulawarman
  4. Politeknik Negeri Banjarmasin
Share this page ...Share on Facebook118Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page