Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Aug 27, 2015 | 368 views

FASILKOM Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Tanpa Awak

FASILKOM Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Tanpa Awak

Tim Balloon BombTim Balloon Bomb (Mahasiswa Sistem Komputer)

HIMASISKO. Yogjakarta (25/08), Tim Balloon Bomb yang didampingi oleh bapak, Huda Ubaya, MT, selaku dosen yang membimbing perwakilan dari jurusan Sistem Komputer Universitas Sriwijaya telah mengikuti workshop dengan tema “menuju kemandirian teknologi wahana terbang tanpa awak”. Workshop ini berlangsung di ruang seminar lantai 5 gedung Pascasarjana, Universitas Gajdah Mada yang terletak di Jln.Teknika Utara. Workshop tersebut diadakan untuk para peserta Kontes Robot Terbang Indonesia 2015 (KRTI) yang berhasil lolos seleksi. Sebanyak 29 Perguruan Tinggi di Indonesia yang berhasil lolos pada tahap seleksi ikut berpartisipasi dalam acara ini. Selain itu pengisi acara pada workshop ini adalah juri-juri inti dari KRTI 2015 yaitu bapak Dr.Gesang Nugroho, bapak Dr.Endra Pitowarno, bapak Dr.Hendro Nurhadi, bapak Dr.Taufik Mulyanto dan bapak Dr.Djoko Sardjadi yang memberikan pengarahan langsung untuk masing-masing divisi perlombaan seperti divisi Fixed-Wing, Racing Jet dan terakhir Vertical Take Off and Landing.

Acara workshop tersebut dibagi menjadi dua tahapan, yaitu untuk sesi pertama mengenai penjelasan regulasi perlombaan dan tanya jawab, sedangkan pada sesi kedua mengenai penjelasan desain, pembuatan dan operasi UAV. Harapan Bapak Dr. Djoko Sardjadi pada acara ini bukan hanya untuk mendapatkan penjabaran dan penjelasan mengenai teknik dan perlaksanaan lomba yang akan dilaksanakan pada 16-20 September 2015 di Lapangan Lanud Gading, Wonosari, Yogyakarta, melainkan lebih menekankan para generasi muda untuk terus belajar mengembangkan ide-ide kreativitasnya terutama untuk kemajuan teknologi di udara, bukan hanya sekedar memakai tapi juga mampu untuk menguasai sistemnya dan tidak ada yang tidak mungkin kalau kita nanti bisa membuat flight controller sendiri. Seperti yang di kutip pada pembicaraan beliau, “Apabila kamu menembus kesulitan maka kamu akan menemukan teknologi”.

Setelah berakhirnya workshop ini semua tim pastinya akan mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk bertarung di masing-masing divisi dan kelas berdasarkan pada arahan dan peraturan yang telah di sampaikan. Semua berharap pada hari-H khususnya tim Balloon Bomb UNSRI akan berpatisipasi di KRTI 2015 dan dapat memberikan hasil yang terbaik (HM). Berikut adalah tanggapan dari Surtimo SK2011 “Ini sangat luar biasa, saya sebagai perwakilan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terkait terutama dari jurusan, fakultas dan Universitas yang telah memberikan kami dukungan baik moral maupun moril, sehingga kami bisa mengikuti acara workhshop ini dimana terdapat banyak informasi penting tentang pelaksanaan perlombaan dan bagaimana cara memproduksi sebuah UAV yang dibuat untuk kepentingan komersil. Inshaa Allah kami telah resmi menjadi finalis KRTI 2015. Besar harapan kami dapat berpartisipasi pada perlombaan nanti sehingga dapat mengharumkan nama Universitas Sriwijaya. Banyak sekali tugas dan PR yang harus diselesaikan untuk persiapan lomba mendatang dan terakhir kami meminta dukungan dan do’a dari semuanya.terimakasih” . (HM)

Share this page ...Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someonePrint this page